Pengenalan Bandar Capsa

bandar capsa

Bandar Capsa adalah sebuah permainan yang menggunakan kartu poker. Kartu poker sendiri terdiri dari 52 kartu. Tiap-tiap kartu sendiri memiliki kembang yang berbeda-beda jenisnya. Ada 4 buah kembang dalam kartu bandar capsa sesuai dengan urutan tertinggi hingga terendah, yaitu :

♠ Spade (Sekop) 

♥ Heart (Hati)

♣ Clubber (Keriting)

♦ Diamond (Wajik)

Masing-masing kartu ini terdiri dari 13 buah kartu dengan nilai yang berurutan :

♠ : 2♠, 3♠, 4♠, 5♠, 6♠, 7♠, 8♠, 9♠, 10♠, J♠, Q♠, K♠, A♠

♥ : 2♥, 3♥, 4♥, 5♥, 6♥, 7♥, 8♥, 9♥, 10♥, J♥, Q♥, K♥, A♥

♣ : 2♣, 3♣, 4♣, 5♣, 6♣, 7♣, 8♣, 9♣, 10♣, J♣, Q♣, K♣, A♣

♦ : 2♦, 3♦, 4♦, 5♦, 6♦, 7♦, 8♦, 9♦, 10♦, J♦, Q♦, K♦, A♦

Susunan Kombinasi Kartu Bandar Capsa :

urutankartupoker

Straight Flush

Straight flush adalah tangan yang berisi lima kartu berurutan, semua dari suit (jenis) yang sama, seperti Q♣ J♣ 10♣ 9♣ 8♣ , (straight flush adalah kombinasi antara straight dan flush). Jika ada dua tangan mendapatkan straight flush, maka cara menentukan pemenangnya adalah dengan membandingkan kartu yang memiliki nilai tertinggi di dalam straight flush yang didapatkan. Ace bisa berfungsi sebagai kartu yang memiliki nilai paling rendah (nilai “1”), 5 4 3 2 A , adalah straight flush five-high (lima tertinggi), juga dikenal sebagai “steel wheel”.

Four of a Kind

Four of a kind, juga dikenal sebagai quads, adalah tangan poker seperti 9♣ 9♠ 9 9 J , yang berisi empat kartu dengan nilai yang sama dan satu kartu lainnya dengan nilai yang berbeda. Quads dengan nilai kartu tertinggi mengalahkan quads dengan nilai dibawahnya. Dalam permainan poker dengan beberapa tumpuk kartu (dijadikan satu tumpuk),wild card, adalah mungkin untuk dua atau lebih pemain bisa mendapatkan quad yang sama, dalam hal ini, kartu yang lain bertindak sebagai kicker, misalnya 7♣ 7♠ 7 7 J , mengalahkan 7♣ 7♠ 7 7 10♣ . Jika dua tangan memiliki nilai kicker yang sama, maka terjadi tie (imbang) dan pot dibagi dua.

Full House

Full house, juga dikenal sebagai full boat, adalah tangan seperti 3♣ 3 3 6♣ 6 , yang berisi tiga kartu senilai dan sepasang kartu dengan nilai yang lain (three of a kind dan pair). Jika ada dua full house dalam suatu permainan, salah satu yang memiliki tiga kartu dengan nilai tertinggi adalah pemenangnya, sehingga 7♠ 7 7 4♠ 4♣ , mengalahkan 6♠ 6 6 A♠ A♣ . Jika dua tangan memiliki tiga kartu yang nilainya sama (mungkin dalam wild card dan Community card poker), tangan dengan pair yang lebih tinggi adalah pemenangnya, sehingga 5 5 5♠ Q♥ Q♣ , mengalahkan 5♣ 5 5♠ J♠ J . Full house disebut sebagai “Three full of Pair” atau kadang-kadang “Three over Pair”, Q♣ Q Q♠ 9 9♣ , disebut “Queens full of nines”, “Queens over nines”, atau hanya “Queens full”.

Flush

Flush adalah tangan poker seperti Q♣ 10♣ 7♣ 6♣ 4♣ , dalam lima kartu, semuanya terdiri dari suit yang sama, dan nilainya tidak berurutan (karena jika berurutan, maka tidak terjadi flush melainkan terjadi straight atau straight flush). Jika ada dua flush, maka kartu dengan nilai tertinggi saling dibandingkan seolah-olah kedua pemain mendapatkan high card, kartu dengan nilai tertinggi adalah pemenangnya. Jika kedua tangan memiliki kartu dengan nilai tertinggi yang sama, maka kartu dengan nilai tertinggi kedua dibandingkan, dan seterusnya sampai perbedaan ditemukan. Jika kedua flush berisi lima nilai yang sama,maka mereka dinyatakan tie (imbang), hal ini terjadi karena suit kartu berpengaruh dalam menentukan tinggi rendahnya suatu nilai dari kartu milik pemain.

Flush disusun mulai dari kartu yang memiliki nilai tertinggi, disusul kartu dengan nilai dibawahnya, dan seterusnya begitu, “queen-high flush” adalah sebutan untuk Q 9 7 4 3 . Jika nilai kartu kedua adalah penting, maka K♠ 10♠ 5♠ 3♠ 2♠ , adalah “king-ten-high flush” atau hanya “king-ten flush”, sementara K Q 9 5 4 , adalah “king-queen-high flush”. Dalam permainan yang menggunakan community card (kartu terbuka diatas meja yang dapat digunakan oleh semua pemain), kartu dengan nilai tertinggi mungkin adalah salah dari lima kartu community card yang dapat digunakan oleh semua pemain, dalam hal ini, flush dapat disusun oleh kartu milik pemain yang dikombinasikan dengan kartu community card, misalkan lima kartu community card (terbuka diatas meja) adalah A♣ 10♣ 6♣ 2♣ , pemain dengan Q♣ J , akan memegang “queen-high flush” sementara pemain dengan K♣ 10♠ , akan memegang “King-high flush”, kedua pemain memanfaatkan Ace sebagai yang tertinggi.

Straight

Straight adalah tangan poker seperti Q♣ J♠ 10♠ 9 8 , berisi lima kartu senilai secara urut dalam setidaknya dua suit yang berbeda. Jika terjadi dua straight, maka cara menentukann tangan mana yang menang adalah dengan membandingkan kartu tertinggi dari masing – masing pemain. Dua straight dengan kartu tertinggi yang sama, maka straight bernilai sama, suit kartu tidak digunakan untuk menentukan pemenang, dalam hal ini kedua pemain dalam keadaan tie (imbang) dan mereka harus berbagi pot.

Penyebutan straight dimulai dari kartu dengan nilai tertinggi, seperti “ten-high straight” atau “straight to the ten” untuk menggambarkan 10♣ 9 8 7♣ 6♠ .

Sebuah tangan seperti A♣ K♣ Q J♠ 10♠ , adalah ace-high straight (juga dikenal sebagai “broadway” atau “royal straight”), dan “king-high straight” adalah K Q♠ J 10 9♣ . Ace juga dapat berfungsi sebagai kartu dengan nilai terendah (memiliki nilai “1”) dalam “five-high straight” seperti 5♠ 4 3 2♠ A , yang dalam bahasa sehari-hari biasa dikenal sebagai “wheel”. Ace tidak bisa dimainkan seperti ini : 3♠ 2 A K♠ Q♣ , tangan tersebut bukanlah straight.

Three of a Kind

Three of a kind, juga disebut trips atau set, adalah tangan poker seperti 2 2♠ 2♣ K♠ 6 , berisi tiga kartu dengan nilai yang sama, ditambah dua kartu lain yang tidak memiliki nilai yang sama (bukan pair). Di Texas hold ‘em dan permainan flop lainnya, three of a kind biasanya disebut dengan “set”, ketika terbentuk dari pair milik pemain dengan satu kartu yang cocok di atas meja; Three of a kind juga bisa disebut “trips”, ketika terbentuk oleh satu kartu milik pemain dengan dua kartu yang cocok di atas meja.

Three of a kind dengan nilai tertinggi mengalahkan three of a kind dengan nilai yang lebih rendah, misalnya Q♠ Q Q 7♠ 4♣ , mengalahkan J♠ J♣ J A K♣ . Jika dua tangan mengandung tiga kartu dengan nilai yang sama, mungkin dalam permainan yang menggunakan kartu community card, kicker dibandingkan untuk menentukan pemenang nya, misalnya 4 4♣ 4♠ 9 2♣ , mengalahkan 4 4♣ 4♠ 8♣ 7 .

Two Pair

Two pair adalah tangan poker seperti J J♣ 4♣ 4♠ 9 , berisi sepasang kartu dengan nilai yang sama, ditambah sepasang kartu dengan nilai yang sama (nilainya tidak sama dengan pair pertama), lalu satu kartu yang memiliki nilai tidak sama dengan pair pertama maupun kedua. Jika ada dua tangan mendapatkan two pair, maka pair yang memiliki nilai lebih tinggi dari masing-masing dibandingkan, dan pemenangnya adalah yang memiliki nilai pair lebih tinggi (seperti 10♠ 10♣ 8 8♣ 4♠ , mengalahkan 8 8♣ 4♠ 4♣ 10♠ ). Jika kedua tangan memiliki nilai yang sama di pair pertama, maka pair kedua dari masing-masing pemain dibandingkan, seperti 10♠ 10♣ 8 8♣ 4♠ , mengalahkan 10♠ 10♣ 4♠ 4 8 . Jika kedua tangan mendapatkan two pair dengan nilai yang sama, maka kicker digunakan untuk menentukan pemenangnya, sehingga 10♠ 10♣ 8 8♣ A , mengalahkan 10♠ 10♣ 8 8♣ 4♠ .

Penyebutan two pair biasanya diawali dengan pair pertama yang memiliki nilai tertinggi, lalu diikuti oleh pair yang lebih rendah jika perlu, K♣ K 9♠ 9 5 , disebut sebagai “Kings over nines”, “King and nines”, atau hanya disebut “Kings up” jika sembilan tidak perlu untuk disebutkan.

One Pair

One pair adalah tangan poker seperti 4 4♠ K♠ 10 5♠ , berisi dua kartu dari yang memiliki nilai yang sama, ditambah tiga kartu yang nilainya tidak lah sama dengan pasangan yang ada, juga nilainya tidak sama antara satu kartu dengan kartu yang lainnya. Pair dengan nilai tertinggi mengalahkan pair dengan nilai yang lebih rendah, jika dua tangan memiliki pair yang sama, kartu yang bukan pair (kicker) secara berurutan dibandingkan untuk menentukan pemenang.

High Card

High card atau no pair adalah tangan poker seperti K J 8♣ 7 4♠ , lima kartu yang terbentuk tidak memenuhi salah satu persyaratan di atas. Pada dasarnya, tidak ada tangan yang dibuat, dan satu-satunya yang bermakna di dalam tangan adalah kartu dengan nilai paling tinggi. Namun, pemain kadang-kadang memenangkan pot jika semua pemain lain telah ‘fold’ atau bahkan di bandingkan saat showdown. Dua tangan di bandingkan dengan melihat kartu yang memiliki nilai tertinggi. Jika sama, maka kartu dengan nilai tertinggi berikutnya dari masing-masing tangan dibandingkan, dan seterusnya sampai ditemukan perbedaan.

High card terendah yang mungkin adalah 7, “seven-high” (seperti 7♠ 5♣ 4 3 2♣ ), karena tangan seperti 6 5♣ 4♠ 3 2 , akan menjadi straight dan dalam 6 4♠ 3 2♣ A , Ace akan berfungsi sebagai kartu dengan nilai paling tinggi.

Peraturan Permainan Bandar Capsa :

  1. Jika dalam menyusun kartu, Pemain melakukan kesalahan susun begitu juga dengan bandar maka bettingan Pemain akan di ambil oleh bandar atau Bandar yang Menang.
  2. Jika Player maupun bandar mendapatkan Kartu Barang maka pemain dan bandar di wajibkan untuk menyusun dengan benar. Jika Salah dalam menyusun maka tetap akan di anggap salah susun.
  3. Jika mendapatkan barang atau Kartu tertinggi dan di susun dengan benar maka Player ataupun Bandar Otomatis akan menang tanpa harus di adu 3 grup kartu yang di susun.
  4. Jika pemain dan bandar sama” mendapat barang maka akan di adu kekuatan Barang yang di dapat.
  5. Setiap Permain di berikan waktu selama 55 detik dalam menyusun kartu, Jika setelah waktu habis Pemain belum Siap atau Selesai maka Kartu yang di keluarkan akan secara acak.
  6. Kartu Full House, Full House dalam bandar capsa bandaran tidak di anggap barang sehingga tetap akan di adu ketiga Grup yang di susun
  7. Untuk Kartu Threes di Atas dalam bandar  Capsa Bandaran tidak adi anggap barang sehingga tetap akan di adu ketiga Grup yang di susun
  8. Minimal Buy In atau Duduk di table player harus membawa chips 2.5 x dari maksimal bet yang telah di tentukan.

Barang atau Kartu Tertinggi dalam Permainan Bandar Capsa Susun :

1. Capsa (Kartu Dragon)

Kartu Dragon adalah kartu dengan kekuatan paling tinggi dalam bandar capsa. Jika Pemain atau Bandar mendapatkan kartu dragon maka pembayaran akan di x 2.5 dari total pasangannya.
Contoh : Bet 5.000 maka Bandar atau Player di haruskan untuk membayar 12.500
Contoh Kartu dragon : A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K (13 Kartu di tangan anda)

2. Royal Flush (Seri tertinggi dengan kembang yang sama)

Royal Flush adalah kartu dengan kekuatan tertinggi kedua dalam bandar capsa.

3. Straight Flush (Seri dengan kembang yang sama)

Straight Flush adalah kartu dengan kekuatan tertinggi ketiga dalam bandar capsa. Jika Pemain mendapatkan kartu Straight Flush maka pembayaran akan di x 2 dari total pasangannya.
Contoh : Bet 5.000 maka Bandar atau Player di haruskan untuk membayar 10.000
Contoh Kartu Straight Flush : A, 2, 3, 4, 5 (Seri dengan warna kembang yang sama)

4. Four Of Kinds (Kepiting atau Piting)

Four Of Kinds adalah kartu dengan kekuatan tertinggi keempat dalam bandar capsa. Jika Pemain mendapatkan kartu Four Of Kinds maka pembayaran akan di x 1.5 dari total pasangannya.
Contoh : Bet 5.000 maka Bandar atau Player di haruskan untuk membayar 7.500
Contoh Kartu Straight Flush : 5, 5, 5, 5 (Mendapatkan 4 kartu kembar atau sama)

Peraturan Kartu Flush Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama-sama menyusun Kartu, Kartu Belakang dengan susunan Flush maka yang akan di adu terlebih dahulu adalah Warna kembangnya.
Berikut adalah urutan kekuatan Kembang (Gambar) : 1. Sekop, 2. Hati, 3. Keriting, 4. Wajik

Jika Keduanya menyusun dengan kembang yang sama Maka akan di lihat kartu Tertinggi dari pemain atau Bandar. Kartu tertinggi adalah Kartu A sehingga kartu terendah adalah kartu 2.
Contoh :
Bandar : A, 8, 9, 10, J (Kembang Hati)
Player : K, 7, 2, 3, 6 (Kembang Hati)
Maka adu akan di menangkan oleh Bandar Karena Bandar memiliki Flush To A sedangkan Pemain Memiliki Flush To K

Peraturan Kartu Straight Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama” menyusun Kartu, Kartu Belakang dengan susunan Straight maka yang akan di adu terlebih dahulu adalah Susunan Straight yang lebih Tinggi atau Kuat.
Contoh :
Bandar : 5, 6, 7, 8, 9
Pemain : A, 2 , 3 , 4, 5
Maka Adu akan di menangkan oleh bandar karena Bandar memiliki Straight to 9 sedangkan Pemain Memiliki Straight to 5.

Jika Keduanya menyusun Straight yang sama maka yang di adu adalah Warna Kembang Kartu Tertingginya.
Contoh:
Bandar : 5, 6, 7, 8, 9 (Kembang Kartu 9 nya adalah Hati )
Pemain : 5, 6, 7, 8, 9 (Kembang Kartu 9 nya adalah Keriting)
Maka Adu akan di menangkan Oleh Bandar karena kartu tertinggi dalam straightnya yaitu 9 memiliki kembang yang lebih kuat yaitu Kembang Hati.

Peraturan Kartu Full House Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama” menyusun Kartu, Kartu Belakang dengan susunan Full House Maka yang akan di adu adalah kekuatan Full House yang di susun.
Contoh :
Bandar : 7 7 7 K K ( Full House 7)
Pemain : A A A 2 2 (Full House A)
Maka Adu akan di menangkan oleh Pemain Karena pemain memiliki kartu yang lebih tinggi yaitu Full House A

Peraturan Kartu Double Pair Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama” menyusun Kartu, Kartu Belakang dengan susunan Double Pair Maka yang akan di adu adalah kekuatan Double Pair yang di susun.
Contoh :
Bandar : 7 7 K K 8 ( Double Pair K)
Pemain : 9 9 2 2 A (Double Pair 9)
Maka Adu akan di menangkan oleh Bandar Karena Bandar memiliki kartu yang lebih tinggi yaitu Double Pair K.
Jika Double Pairnya sama maka akan di adu warna kembang dari Pair Tertingginya.

Peraturan Kartu Pair Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama” menyusun Kartu, Kartu Depan dengan susunan Pair Maka yang akan di adu adalah kekuatan Pair yang di susun.
Contoh :
Bandar : K K 8 (Pair K)
Pemain : A A 5 (Pair A)
Maka Adu akan di menangkan oleh Pemain Karena Pemain memiliki kartu yang lebih tinggi yaitu Pair A.
Jika Pairnya sama maka akan di adu warna kembang dari Pair Tersebut.

Peraturan Kartu High Card Bandar Capsa :

Jika Pemain dan Bandar sama” menyusun Kartu, Kartu Depan dengan susunan High Card Maka yang akan di adu adalah kekuatan High Card yang di susun.
Contoh :
Bandar : A 10 5 (High Card A)
Pemain : A 10 6 (High Card A)
Maka Adu akan di menangkan oleh Bandar Karena Bandar memiliki kartu yang lebih tinggi yaitu High Card A Dengan Dekingan 10 6.

Jika High Card yang di susun sama maka akan di adu kartu Tertinggi :
Bandar : A 10 5 (High Card A Dengan Kembang As-nya Sekop)
Pemain : A 10 5 (High Card A Dengan Kembang As-nya Hati)
Maka Adu akan di menangkan oleh Bandar karena As-nya lebih kuat Yang di miliki oleh bandar dengan As Sekop.

Baca Juga : Pengenalan Ceme Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*